Metode pembelajaran : Metode Ceramah


Metode ceramah adalah penyajian pelajaran oleh guru dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada peserta didik. Penggunaan metode ceramah sangat bergantung kepada kemampuan guru karena gurulah yang berperan penuh dalam metode ceramah. Kepiawaian guru dalam menguasai bahan, forum/ audience, serta keterampilan bahasa dan intonasinya sangat mentukan keberhasilan metode ini. Secara spesifik, metode ceramah bertujuan untuk :
a.       Menciptakan landasan pemikiran peserta didik melalui produk ceramah yaitu bahan tulisan peserta didik.
b.      Menyajikan garis-garis besar isi pelajaran dan permasalahan penting yang terdapat dalam isi pelajaran.
c.       Merangsang peserta didik untuk belajar mandiri dan menumbuhkan rasa ingin tahu melalui pemerkayaan belajar.
d.      Memperkenalkan hal-hal baru dan memberikan penjelasan secara gambling dan menyinggung penjelasan teori dan praktiknya.
e.       Sebagai langkah awal untuk metode yang lain dalam upaya menjelaskan prosedur yang harus ditempuh peserta  didik. 
Alasan Penggunaan Metode Ceramah
Beberapa alasan guru menggunakan metode ceramah, yakni :
a.       Anak benar-benar memerlukan penjelasan, misalnya karena bahan baru atau guna menghindari  kesalahpahaman.
b.      Benar-benar tidak ada sumber bahan pelajaran bagi peserta didik.
c.       Menghadapi peserta didik yang banyak jumlahnya dan bila menggunakan metode lain sukar diterapkan.
d.      Menghemat biaya, waktu, dan peralatan. 
            Kelebihan Metode Ceramah
                        Adapun kelebihan metode  ceramah yakni :
a.       Murah, dalam arti efisien dalam pemanfaatan waktu dan menghemat biaya pendidikan.
b.      Mudah, dalam arti materi dapat disesuaikan dengsn keterbatasan waktu, karakteristik peserta didik tertentu, pokok permasalahan, dan keterbatasan peralatan.
c.       Meningkatkan daya dengar peserta didik dan menumbuhkan minat belajar dari sumber lain.
d.      Memperoleh penguatan bagi guru dan peserta didik yaitu guru memperoleh penghargaan, kepuasan, sikap percaya diri dari peserta didik atas perhatian yang ditunjukkan pada peserta didik.
             Keterbatasan Metode Ceramah
Adapun keterbatasan metode ceramah sebagai berikut :
a.       Dapat menimbulkan kejenuhan kepada peserta didik apabila guru kurang dapat mengorganisasikannya.
b.      Menimbulkan verbalisme pada peserta didik.
c.       Materi ceramah terbatas pada hal yang diingat guru.
d.      Merugikan peserta didik yang lemah dalam keterampilan mendengarkan.
e.   Terjadi proses satu arah yaitu dari guru kepada peserta didik

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.