penjabaran indikator ke soal

barang kali ada yang ingin menjabarkan indikator ke soal, silakan baca dibawah ini siapa tau bermanfaat,, :)
Indikator yang dijabarkan dari kemampuan dasar dipakai sebagai dasar pengembangan butir-butir soal. Ada hubungan langsung antara indikator dengan butir-butir soal. Indikator menunjukkan tingkah laku kemapuan yang secara konkret harus dikuasai peserta didik, sedang butir-butir soal ujian merupakan alat ukur keberhasilan belajar yang dimaksud. Keduanya harus sejalan dan berkesesuaian. Oleh karena itu, butir- butir soal ujian yang dikembangkan harus sesuai dengan indikator.
Setiap butir soal yang dibuat harus dapat ditelusuri indikator dan kemampuan dasarnya. Hal itu juga dapat dimaknai bahwa semua butir soal yang dibuat harus secara jelas dimaksudkan untuk mengukur indikator dan kemampuan dasar tertentu. Sebaliknya, semua indikator yang dibuat harus ada tagihan capaiannya oleh peserta didik. Artinya semua indikator harus memiliki butir soal atau tugas-tugas tertentu yang dimaksudkan untuk mengukur prnguasaan peserta didik terhadap indikator yang bersangkutan.
Butir soal atau tugas yang harus dibuat untuk mengukur penguasaan peserta didik terhadap sebuah indikator bergantung pada kebutuhan dan pertimbangan-pertimbangan seperti keluasan, kedalaman, urgensi kesinambuangan, dan pentingnya sebuah indikator sebagai prasyarat untuk menguasai kemampuan dasar, atau pentingnya sebuah indikator bagi penguasaan indikator-indikator lain dan bahkan juga mendukung penguasaan kemampuan dasar lain.
Misalnya, jika indikator berbunyi “Peserta didik dapat mengungkapkan kembali secara lisan isi drama radio yang didengarnya”, tugas yang diberikan harus menyuruh peserta didik untuk mengungkapkan kembali secara lisan isi drama tersebut. Untuk itu, sebelumnya kita harus menyiapkan atau memberi tugas peserta didik untuk mendengarkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.